8 Jalur Pendakian Gunung Sumbing 3.371 MDPL Jawa Tenggah

Gunung Sumbing adalah gunung api yang terdapat di Jawa Tenggah, Indonesia. (Ketinggian puncak 3.371 mdpl), gunung Sumbing merupakan gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru dan Gunung Slamet. Gunung ini terletak di tiga wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Wonosobo. Gunung Sumbing membentuk bentang alam gunung kembar karena berdekatan dengan Gunung Sindoro, seperti halnya Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang berdekatan seperti gunung kembar. Apabila dilihat dari arah Temanggung. Celah antara gunung Sumbing dan Gunung Sindoro dilalui oleh jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo.

Untuk medan jalur pendakin, Gunung Sumbing memiliki trek yang lebih terjal dibanding Gunung Sindoro. Berikut 8 jalur pendakian Gunung Sumbing yang telah kami kumpulkan dari berbagai sumber terpercaya.

Baca juga: √7+ Jenis Bunga Edelweis Yang Tak Boleh Dipetik

SUMBING VIA BANARAN 

Sumbing east route merupakan jalur pendakian Gunung Sumbing dari arah timur, ini menguntungkan para pendaki karena dapat melihat matahari terbit dengan sangat jelas dengan viw lima gunung berjajar rapi. Kelima gunung tersebut adalah Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran.

Sumbing east route beralamat di Desa Banaran, Kecamatan Tembarak, Kabupaten Temanggung, Jawa Tenggah. Untuk akses ke basecamp dari terminal madureso Temanggung anda bisa naik Ojek dengan ongkos 30-40 ribu tergantung menawar.

Jalur pendakian sumbing east route memiliki trek menantang tersendiri karena sebelum sampai pos 4 anda harus memanjat tebing dengan tinggi 10 meter yang bila tidak berhati-hati anda bisa tergelincir sampai ke jurang. Pos 4 adalah area camp, anda bisa mendirikan tenda di pos ini dan beristirahat menunggu pagi untuk melihat matahari terbit. Untuk air jangan risau diatas pos 4 sekitar 500 meter anda juga bisa menemui mata air yang jernih.

Perjalanan bisa anda lanjutkan sampai puncak rajawali tapi sebelum sampai puncak anda akan dimanja dengan pemandangan segoro banjarandan juga kawah Gunung Sumbing. Segoro banjaran adalah padang rumput luas yang berada di bawah puncak sejati sedangkan kawah sumbing masih tetap aman di dekati.

SUMBING VIA GARUNG

Jalur pendakian Gunung Sumbing via Garung berada di Desa Butuh Lor, Garung, Kalikajar, Kabupaten Wonosobo. Untuk kalian pendaki pemula kami sarankan untuk mendaki Gunung Sumbing lewat Garung. Hal ini dikarenakan basecampnya yang mudah diakses karena berada di pinggir jalan raya Temanggung-Wonosobo. Tepat setelah perbatasan Temanggung dan Wonosobo, ada jalur ke kiri yang bisa anda ikuti dengan melihat papan penunjuk jalan bertuliskan “Basecamp Garung Gunung Sumbing”.

Untuk waktu tempuh dari basecamp sampai ke puncak rajawali membutuhkan 8-9 jam perjalanan. Jalur pendakian Gunung Sumbing via Garung ini anda akan menemui 3 pos peristirahatan. Dari pos satu ke pos yang lain anda memerluhkan waktu tempuh sekitar 3,5 jam.

SUMBING VIA CEPIT ( KLEDUNG )

Lokasi jalur pendakian Gunung Sumbing via Cepit beralamat di Desa Cepit, Parakan, Kabupaten Temanggung. Jalur pendakian ini menjadi pilihan utama para petualang dan pendaki yang ingin menaklukan Gunung Sumbing karena jalur pendakian ini mempunyai pemandangan indah dan trek yang landai.

Untuk sampai ke basecamp jalur pendakian Cepit Parakan ini anda harus menuju Rumah Sakit Ngesti Waluyo, karena dekat dengan Desa Cepit tersebut. Dari Rumah Sakit, akses yang dilewati cukup mudah untuk sampai Desa Cepit.

Jalur pendakian ini tergolong paling cepat untuk sampai ke puncak hanya di butuhkan 6 jam perjalanan karena hanya sampai puncak buntu bukan puncak rajawali. Untuk sampai ke puncak tertingginya yaitu puncak rajawali anda harus berjalan turun menuju segoro wedi dan berjalan ke arah selatan menuju kawah Gunung Sumbing dan melanjutkan perjalan ke arah barat karena puncka tertingginya di sisi barat.

SUMBING VIA MANGLI

Cukup tidak populer dikalangan pendaki jalur pendakian Gunung Sumbing via Mangli Kaliangkrik ini tetap menjadi pilihan bagi mereka yang berjiwa petualang. Jalur ini dipilih para pendaki lantaran waktu perjalannya yang relatif lebih singkat dibandingkan jalur pendakian yang lain. Berada di Desa Mangli, Kaliangkrik, Kabupaten Magelang.

Untuk sampai ke basecamp anda harus pergi menuju Dari Desa Kalegen, cukup naik ojek dari Desa Kalegen untuk sampai ke Desa Mangli dan basecamp pendakian Gunung Sumbing tersebut.

Jalur pendakian Gunung Sumbing via Mangli Kaliangkrik anda harus melewati 4 pos selama 4 jam, dan dari pos terakhir ke puncak dibutuhkan waktu 2 jam. Itu pun bukan puncak tertingginya yaitu puncak rajawali, melainkan puncak sejati yang lebih rendah ketimbang puncak rajawali. Untuk sampai ke puncak tertinggi Gunung Sumbing anda harus turun menuju segoro banjaran dan bertemu jalur pendakian via Banaran Temanggung.

SUMBING VIA BOWONGSO

Jalur pendakian yang satu ini cukup populer dikalangan pendaki, namun sayangnya jalur ini nampak sepi. Berada di Wonosobo, sama dengan jalur Garung, tetapi jalur pendakian Gunung Sumbing yang ini tidak direkomendasikan untuk para pemula.

Konon katanya, jalur pendakian ini mempunyai rintangan serta tantangannya yang cukup sulit. Jadi untuk anda yang belum profesional jangan mendaki lewat jalur Bowongso. Untuk sampai ke basecamp jalur pendakian ini, anda hanya perlu menuju terminal Mendolo Wonosobo. Dari terminal, tinggal berjalan ke Pasar Kertek dan dari sana sudah dekat dengan Basecamp Bowongso.

SUMBING VIA SIPITUNG

Basecamp Sipitung Beralamat di Desa Jambu, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung. Dari arah Jogjakarta – Magelang – Wonosobo cukup melihat papan petunjuk untuk menuju Gerbang Desa Jambu Kecamatan Kledung yang letaknya di kiri jalan raya tersebut.

Dari gerbang Desa Sipitung untuk menuju basecamp hanya berjarak 500 meter, anda bisa berjalan kaki. Jalur pendakian Gunung Sumbing via Sipitung merupakan jalur pendakian yang paling populer. Hampir setiap hari ada saja pendaki yang mengunakan jalur pendakian ini.

Untuk sampai ke puncak diperluhkan waktu kurang lebih 7-8 jam perjalanan itupun tergantung kemampuan anda dalam berprtualang. sebelum sampai puncak rajawali anda bisa beristirahat di segoro wedi di area segoro wedi ini anda terasa sedang berada di pantai menikmati pasir putih khas pantai.

SUMBING VIA BUTUH

Jalur yang satu ini memang jarang diketahui oleh pendaki, hanya mereka yang benar-benar berjiwa petualang lah yang rela untuk mencari info jalur pendakain ini. Beralamat di Desa Butuh, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Untuk sampai basecamp ini tidak ada angkutan umum bahkan ojek biasanya pendaki mengunakan motor sendiri atau ikut warga untuk sampai ke basecamp ini.

Keunikan jalur pendakian Via Butuh adalah dibawah pos 3 yang terdapat banyak aliran sungai kecil dengan air yang cukup bersih jadi tidak takut kehabisan air bersih. Jalur ini berakhir pada puncak selo puncak yang berdekatan dengan puncak sejati akan tetapi untuk sampai puncak sejati di perluhkan keahlian yang cukup karena jalan yang curam. Puncak selo ini juga tak banyak pendaki yang tahu karena tertutup ketenaran puncak rajawali, puncak sejati, dan puncak buntu.

SUMBING VIA LAMUK

Jalur pendakian Gunung Sumbing via lamuk beralamat di Desa Lamuk, Kecamatan Telogomulyo, kabupaten Temanggung. Jalur ini terbilang sepi pendaki karena akses ke basecamp susah. Meskipun susah tetap ada saja pendaki yang mencoba jalur ini entah karena rindu pegunungan sepi.

Untuk sampai ke basecamp, ojek adalah alternatif anda, naik motor sendiri juga bisa. Jalur pendakian Sumbing Via Lamuk menawarkan pemandangan indah terbitnya matahari karena berada di sisi timur Gunung Sumbing.

Baca Juga: √302+ Kumpulan Kata-Kata Fiersa Besari Dalam Quotes

Itulah 8 jalur pendakian Gunung Sumbing 3371 mdpl, Gunung tertinggi ke-3 di Pulau Jawa. Cukup sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya saya mohon maaf sebesar-besarnya, apabila ada kesalahan penulisan kata dan bahasa yang kurang baku saya pribadi mohon maaf. Semoga bermanfaat.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *