25+ Macam Macam Jeruk Lengkap Dengan Penjelasannya

Jenis jerukmJeruk merupakan jenis buah yang sering di konsumsi oleh masyarakat indonesia. Manfaat vitamin C pada buah jeruk ini menjadikan sebagian orang sebagai bahan penambah vitamin tubuh.

Selain sebagia penambah vitamin, Buah jeruk bisa di jadikan makanan penutup, jus dan lain sebagianya. Jeruk juga di ketahui memilki manfaat untuk kecerdasan anak jadi tidak heran jika banyak orang yang memburu buah jeruk ini.

Baca Juga: Cara Menanam Mentimun Agar Mendapatkan Hasil Yang Maksimal

Dari sedikit tulisan di atas, merupakan manfaat atau keunggulan dari buah jeruk. Kami akan menjelaskan 25 macam-macam buah jeruk yang cocok untuk di konsumsi sebagai di bawah berikut ini.

JERUK BALI

Jeruk bali memiliki bentuk buah yang berukuran besar, ini sering dimanfaatkan untuk salad dan hidangan penutup. Buah jeruk bali memiliki daging buah pomelo putih dengan rasa manis sedangkan yang merah muda rasanya asam.

Pomelo atau jeruk bali adalah salah satu dari tiga spesies jeruk asli, sedangkan buah jeruk yang lain adalah hasil dari hibridasi. Buah pomelo berdaging putih mempunyai rasa manis sedangkan yang berwarna merah muda rasanya asam. Pomelo biasanya dimakan di Asia selama festival Mooncake.

Untuk anda yang ingin membeli buah jeruk bali sebaiknya pilih buah yang besar dan berat. Hindari yang berwarna kusam dan kulitnya berkerut dengan lipatan yang dalam.

Jeruk bali merah atau jeruk bali pamelo

Jeruk bali madu

Jeruk bali kecil

JERUK CLEMENTINE

Jeruk clementine berasal dari Negara Cina. Jeruk ini banyak ditanam di Negara Spanyol dan beberapa di Eropa. Jeruk clementine pertama kali diperkenalkan di Amerika sekitar tahun 1909. Jeruk Clementine tidak berbiji serta memiliki rasa yang sangat segar. Banyak diolah menjadi buah kering ataupun buah kalengan.

Jeruk Clementine adalah buah jeruk manis yang merupakan persilangan antara jeruk mandarin dengan buah jeruk manis. Buah jeruk ini memiliki asam yang lebih rendah daripada jeruk manis dan sering disalah artikan dengan jeruk mandarin.

Baca Juga: Tembakau Srintil Emas Hijau Petani Tembakau

JERUK CALAMONDIN

Jeruk ini adalah persilangan antara jeruk mandarin dan kumquat menjadikannya calamondin. Buah jeruk kecil ini jarang dikonsumsi sendiri karena rasanya yang asam. Jusnya digunakan sebagai bumbu masakan Asia, dan buahnya sendiri dapat digunakan untuk membuat selai.

JERUK KINNOW

Kinnow adalah buah jeruk yang lezat yang merupakan persilangan antara kultivar jeruk ‘King’ dan ‘Willow Leaf.’ Karena kandungan bijinya yang tinggi menjadikannya agak sulit untuk konsumsi. Namun, beragam jenis kinnow yang mempunyai sedikit biji telah dikembangkan pada tahun 2015 oleh ahli pertanian Pakistan Niaz Ahmad Chaudhry.

JERUK MANDARIN

Jeruk Mandarin banyak disajikan atau di jual selama Tahun Baru Cina. Jeruk mandarin adalah buah jeruk yang sangat mirip dengan jeruk manis yang lebih umum. Buah jeruk manis ini memiliki fungsi dalam pengobatan Cina dan Ayurveda untuk mengobati masalah perut, pencernaan, dan masalah yang terkait dengan dahak.

Jeruk mandarin juga merupakan simbol tradisional dari kelimpahan dan oleh karena itu jeruk ini disajikan dan ditampilkan selama Tahun Baru Cina.

Kulitnya mudah dikupas. Jeruk ini juga banyak tumbuh di Maroko. Di sana disebut tangerine, karena jeruk-jeruk ini diekspor melalui pelabuhan Tangier.

Baca Juga: 2001+ Macam Jenis Padi Unggul Terlengkap

JERUK KUMQUAT

Jeruo kumquat memiliki bentuk kecil dan agak lonjong mirip telur, dengan aroma jeruk manis. Warna buahnya kuning hingga kemerahan dengan daging tebal dan kadang ditemukan biji kecil di dalamnya. Ada beberapa jenis jeruk kumquat, yaitu marumi (kumquat bulat), meiwa (kumquat bulat besar), dan nagami (kumquat oval).

JERUK CITRON

Jeruk citon memiliki buah yang kering, ini digunakan untuk membuat selai dan acar di Asia Selatan. Citron dapat digunakan untuk berbagai tujuan pengobatan seperti melawan mual, wasir, penyakit kulit dan mengusir cacing parasit dari dalam tubuh.

JERUK RANGPUR

Sebuah jeruk hibrida rangpur diberi nama demikian kerena jeruk ini banyak ditemukan di daerah Rangpur di Bangladesh. Kandungan asamnya yang tinggi, rangpur digunakan sebagai pengganti jeruk nipis saat memasak.

JERUK NIPIS

Jenis jeruk ini banyak dimanfaatkan untuk minuman dan juga masakan. Memiliki bentuk bulat kecil berwarna hijau. Untuk anda yang ingin membeli di sarankan untuk membeli yang masih terlihat segar dan berkulit tipis, jika ditekan lebih empuk, karena mengandung banyak air. Sebaiknya tidak membeli jeruk yang kulitnya keriput dan kasar.

Baca Juga: Cara Menanam Tomat Dalam Polybag Atau Pot

JERUK LEMON

Jeruk lemon memiliki aroma yang lebih tajam dan segar dengan warna kulit kuning terang. Memiliki bentuk bulat kuning tapi sedikit lonjong. Disarankan untuk membeli dengan memilih jeruk lemon yang berat dan masih keras, artinya masih segar. Jeruk lemon lokal biasanya warna kulitnya tidak terlalu kuning, agak pucat.

JERUK PURUT

Jeruk purut memiliki kulit buah tebal dengan tonjolan-tonjolan pada permukaan kulitnya. Jeruk ini, baik buah maupun daunnya juga biasa digunakan untuk bumbu masakan, misalnya untuk bumbu pecel, rempeyek.

Daunnya jeruk purut lebih banyak digunakan daripada buahnya. Terutama dalam menyiapkan masakan Thailand, Kamboja, Vietnam, dan Indonesia. Jus jeruk purut juga digunakan sebagai sampo di wilayah ini dan diyakini dapat membunuh kutu rambut.

JERUK ORANGE

Jeruk orange bisa di sebut jeruk kesayangan karena hampir tersedia di seluruh dunia. Sebenarnya adalah hibrida antara jeruk pamelo dan mandarin. Buah yang manis ini tumbuh di daerah beriklim tropis dan subtropis. Jenis jeruk ini sudah dibudidayakan lama seperti yang telah disebutkan dalam literatur Tiongkok sejak tahun 314 sebelum masehi.

JERUK TANGERINE

Jeruk Keprok atau tangerine dipercaya sebagai variasi dari buah jeruk lainnya, yaitu jeruk mandarin. Jeruk ini jauh lebih manis daripada jeruk biasa dan digunakan untuk bahan minuman, makanan penutup, salad, dan hidangan lainnya. Kulit jeruk keprok sangat lezat sehingga mereka juga dapat dilapisi coklat dan dimakan.

JERUK KEY LIME

Phon jeruk key lime memiliki bunga yang cantik ketika mekar penuh. Jika anda belum mencobanya, segeralah beli. Buah yang lezat ini juga dikenal sebagai lime Meksiko dan lime Indian Barat. Selain buahnya yang memiliki rasa menyegarkan, bunga-bunga mekarnya juga sangat cantik dengan warna putih dan semburat ungu halus di ujung-ujungnya.

JERUK BLOOD ORANGE

Blood Orange memiliki moniker yang pas mengingat dagingnya berwarna merah tua dan sangat khas. Ini karena mengandung antioksidan unik yang disebut anthocyanin yang tidak ditemukan pada buah jeruk lainnya. Fitur lain yang membedakannya dari rekan-rekan sitrus lainnya adalah bahwa ia memiliki rasa kombinasi raspberry yang berbeda dengan rasa jeruk pada umumnya.

JERUK GRAPEFRUIT

Daging buah grapefruit dapat berwarna merah, putih, atau merah muda. Grapefruit menawarkan rasa unik yang berkisar dari asam sampai semi-manis sampai ke pahit. Jeruk ini adalah persilangan antara dua buah jeruk lainnya jeruk manis dan jeruk bali. Buah jeruk ini mendapatkan namanya dari caranya tumbuh di dalam tandan yang menyerupai buah anggur. Daging buah yang indah ini bisa berwarna merah, putih, atau merah muda, tergantung pada kultivarnya.

MEYER LEMON

Meyer lemon dinamai dari nama penjelajah pertanian Amerika, Frank Nicholas Meyer, yang pertama kali mengambil sampel dan membawa buah jeruk ini dari Cina ke AS. Jeruk ini adalah persilangan antara lemon dan jeruk mandarin. Meskipun pertama kali digunakan sebagai pohon hias di Cina, buah ini juga digunakan untuk bahan masakan, berkat koki populer seperti Alice Waters dan Martha Stewart.

JERUK TANGELO

Jeruk Tangelo memiliki rasa manis sehingga banyak orang sering tenjadi kekeliruan dengan jeruk mandarin.
Tangelo adalah buah jeruk yang merupakan persilangan antara tangerine dan jeruk pomelo atau grapefruit. Buah ini memiliki rasa manis yang ekstra. Rasa manis ini memungkinkan tangelo untuk digunakan sebagai pengganti jeruk manis dan jeruk mandarin dalam minuman dan hidangan.

JERUK PERSIAN LIME

Persian Lime adalah jeruk nipis yang paling banyak dibudidayakan dan merupakan hibrida antara key lime dan lemon. Fitur unik yang membuatnya hebat untuk budidayakan secara komersial adalah bahwa jeruk ini tidak memiliki biji, dapat disimpan secara lama, lebih besar dari key lime, dan semak-semaknya tidak memiliki duri. Namun, jeruk ini kurang asam dan memiliki rasa yang kurang pahit daripada key lime.

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Menanam Cabai Rawit

JERUK SWEET LIME

Sweet lime adalah jeruk yang populer di Asia Selatan. Jeruk ini memiliki rasa yang sangat ringan, manis dan kandungan asam yang rendah. Sweet lime paling sering dikonsumsi dalam bentuk jus dan merupakan minuman buah yang paling umum dan banyak ditemukan di India, Pakistan, dan Bangladesh.

JERUK YUZU

Yuzu adalah buah jeruk yang sangat aromatik yang terlihat sangat mirip dengan grapefruit kecil. Hal yang menarik tentang yuzu adalah bahwa buah ini jarang dikonsumsi sebagai buah. Jus Yuzu digunakan dalam membuat saus ponzu, cuka yuzu, teh yuzu, dan beberapa minuman beralkohol.

JERUK UGLI FRUIT

Jeruk Ugly Fruit memiliki kulit buah yang berbentuk sangat aromatik. Buah ini jika terlihat memiliki kesan jelek, namun buah jeruk ini memiliki rasa yang enak juga. Ugli fruit adalah persilangan antara buah anggur, orange, dan tangerine. Buah super juicy ini memiliki rasa manis seperti tangerine, kurang pahit dibandingkan dengan buah grapefruit, dan memiliki kulit yang sangat aromatik.

JERUK LIME

Memiliki bentuk butir yang menyerupai telur ikan. Lumi biasanya tampak seperti jeruk yang panjang. Vesikelnya yang berair digunakan sebagai hiasan dalam berbagai hidangan. Lime memiliki rasa tajam sehinga sempurna untuk dibuat acar dan selai. Kulitnya juga dapat dikeringkan dan di olah bisa digunakan sebagai bumbu.

JERUK BITTER ORANGE

Bitter Orange adalah buah jeruk yang memiliki rasa sangat pahit. Jeruk bitter orange adalah persilangan antara pomelo dan jeruk mandarin. Selai jeruk Inggris yang terkenal di dunia dibuat menggunakan jenis jeruk Bitter Orange. Jeruk ini secara luas digunakan dalam membuat masakan Turki dan juga dikenal sebagai suplemen diet karena menekan nafsu makan.

JERUK BUDDHA’S HAND

Jeruk Buddha Hand biasanya di olah sebagai campuran makanan penutup. Ketika kita berbicara tentang buah-buahan berbentuk aneh, Buddha’s Hand pasti berada di urutan teratas. Buah unik ini mempunyai segmen mirip jari. Karena mempunyai sedikit pulp, jeruk ini hanya digunakan dalam membuat makanan penutup, hiasan masakan, dan minuman beralkohol.

Baca Juga: Cara Mudah Menanam Jahe Merah Hasil Melimpah

Cukup sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya saya mohon maaf sebesar-besarnya, apabila ada kesalahan penulisan kata dan bahasa yang kurang baku saya pribadi mohon maaf. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *