Panduan Lengkap Cara Menanam Pisang Yang Baik Dan Benar

PENGERTIAN PISANG

Pisang adalah buah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat, biasanya dijadikan sebagai makanan penutup. Tumbuhan jenis ini bisa tumbuh subur di daerah tropis termasuk Indonesia. Buah pisang memiliki bentuk bulat lonjong bewarna hijau ketika masih di pohon dan berwarna kuning jika masak. Pisang memiliki rasa yang manis serta biji yang aman jika tertelan.

Pisang biasanya dijual dalam bentuk kipas atau lirang. Pisang sangat mudah dijumpai di pasar tradisional maupun supermarket karena termasuk buah yang bisa bertahan lama serta memiliki masa panen yang singkat. Satu pohon pisang hanya bisa menghasilkan satu tandan pisang, satu dandan biasanya berisi lima lirang atau kipas tergantung jenis.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi cara menanam pohon pisang yang kami beri judul Panduan Lengkap Cara Menanam Pisang Yang Baik dan Benar. Simak selengkapnya di bawah ini.

CARA MENANAM PISANG YANG BAIK

MENENTUKAN LOKASI PENANAMAN PISANG

  1. Cara Menanam Di Lahan Terbuka

Menanam pohon pisang di lahan terbuka seperti ladang, sawah, tegal dan lain sebagainya merupakan hal yang lumrah ditemui di Indonesia. Menanam di lahan terbuka seperti ini adalah hal yang baik untuk menghasilkan buah pisang dengan kualitas unggul.

Baca juga: Alat Pertanian Sederhana Dan Alat Pertanian Moderen

Untuk menanam pohon pisang di lahan terbuka hal yang pertama kali harus Anda siapkan adalah membuat bedengan. Bedengan adalah tempat tumbuhnya tanaman budidaya dengan cara meninggikan tanah dan memberikan perlakuan khusus dengan menambahkan pupuk dasar berupa pupuk organik, pupuk kandang atau kompos.

  1. Cara Menanam Pisang Di Pot

Pot adalah media tanam yang digunakan sebagai penganti lahan sawah, ladang dan lain sebagainya, pot biasanya banyaj dijumpai di pekarangan rumah. Untuk menanam pisang dalam pot harus disiapkan terlebih dahulu pot dengan ukuran besar hal ini berfungsi untuk menopang tumbuhnya akar.

Pot sebagai media tanam untuk pohon pisang berupa campuran tanah, pupuk kandang atau kompos, sekam mentah atau boleh juga arang sekam. Dengan perbandingan campurannya adalah 3 : 2 : 1. Tanah yang digunakan sebaiknya lapisan tanah yang paling atas.

 MACAM-MACAM BIBIT PISANG UNGGUL

Jenis Pisang Kepok

Pisang kepok sebagian orang menyebut dengan nama pisang gepeng karena memiliki bentuk bersegi dan agak gepeng. Pisang kepok memiliki dua jenis, yaitu pisang kepok kuning dan pisang kepok putih. Keduanya memiliki penampilan yang hampir mirip, perbedaanya hanya jika di buka pisang kepok kuning memiliki warna yang cenderung kuning dibandingkan pisang kepok putih.

Buah pisang kepok memiliki kulit buah kepok tebal dan warnanya kunig kehijauan dan ada yang agak kecoklatan. Di kalangan industri pisang kepok kuning di manfaatkan sebagai keripik,cuka,dan tepung.

Jenis Pisang Ambon

Pisang ambon merupakan jenis pisang kualitas  unggul karena memiliki rasa buah yang manis dan beraroma harum. Memiliki bentuk buah melengkung dengan ujung meruncing serta daging buah bewarna putih kekungan dengan tampa biji.

Pisang ambon memiliki kulit bewarna kuning keputihan dengan panjang buah antara 15-20 cm. Dalam satu pohon pisang ambon mampu menghasilkan 7-10 sisir dengan jumlah buah antara 100-150 pisang.  Pohon pisang ambon ini pertama kali di budidayakan oleh petani pisang di daerah Malang, Jawa Timur.

Jenis Pisang Tanduk

Pisang tanduk, seperti namanya memiliki ciri fisik mirip tanduk hewan karena buahnya yang panjang dan melengkung. Panjang buah pisang tanduk bisa mencapai 35 cm lebih akan tetapi jenis  pisang tanduk hanya bisa menghasilkan 3 sisir saja, alhasil buah yang dihasilkan hanya 10 buah saja per sisir.

Jenis Pisang Raja

Jenis pisang ini biasanya di konsumsi langsung karena memiliki rasa ciri khas yang manis, beraroma harum dan lembut ketika di kunyah. Pisang raja memiliki ukuran yang tidak begitu besar dan juga tidak begitu kecil.

Jenis pisang ini jika belum masak biasanya di olah menjadi makanan seperti pisang goreng dan juga kripik pisang. Disamping memiliki rasa yang manis jenis pisang raja juga bisa dapat menyembuhkan penyakit maag, menambah setamina, melancarkan buang air besar dan masih banyak lagi.

Jenis Pisang Susu

Pisang susu memiliki ciri fisik memiliki kulit yang tipis dan memiliki bintik hitam, jika di buka akan terlihat daging yang berwarna putih kekuningan. Ciri dari jenis ini memiliki rasa yang manis dan daging buah yang lembut.

Jenis pisang susu baik dikonsumsi oleh ibu hamil, ibu menyusui, bayi dimasa pertumbuhan dan dapat mencegah rasa nyeri pada tubuh.

CARA MENANAM TUNAS PISANG

Menanam pohon pisang dari tunas, Pisang merupakan jenis pohon yang hanya bisa di tanam mengunakan tunas. Hingga saat ini belum ditemukan alat moderen sebagai cara menanam pisang mengunakan biji.

  1. Membuat Lubang Tanam

Setelah membuat bedegan atau menyiapkan pot sebagai media tanam hal yang hars dilakukan selanjutnya adalah membuat lubang tanam. Ukuran lubang tunas pisang adalah 50 x 50 x 50 cm pada tanah berat dan 30 x 30 x 30 cm atau 40 x40 x 40 cm untuk tanah-tanah gembur. Jika mengunakan Pot maka termasuk jenis tanah gembur. Jarak tanam tunas pisang 3 x 3 m untuk tanah sedang dan 3,3 x 3,3 m untuk tanah berat. Sedangkan untuk pot bisa memilih dari kedua jarak tersebut.

  1. Menanam Tunas Pisang

Penanaman sebaiknya dilakukan menjelang musim hujan antara bulan September sampai dengan bulan Oktober. Anda langsung bisa menanam di lubang yang telah dibuat tutup dengan tanah sampai rata.

  1. Penyiraman Air

Setelah proses penanaman selesai sebaiknya langsung di sirami air hal ini bertujuan supaya tunas tidak layu. Jangan terlalu banyak karena bisa menyebabkan tunas pohon pisang mati.

CARA MERAWAT POHON PISANG

  1. Pemupukan Ulang

Setelah tunas pohon pisang benar benar tumbuh kira-kira berumur satu bulan sebaiknya dilakukan pemupukan ulang. Pemupukan ulang bisa mengunakan pupuk beli di toko pertanian atau pupuk kandang. Akan tetapi pupuk kandang lebih baik.

  1. Perempelan Daun

Setelah tumbuh sebaiknya bersihkan daun pohon pisang yang telah kering hal ini dilakukan agar tidak menjadi sarang hama seperti tikus dan kelelawar. Bersihkan juga rumput yang tumbuh di sekitar Pohon Pisang.

  1. Penyiraman Pohon

Penyiraman dilakukan jika tanah di sekitar pohon pisang mulai kering sebaiknya dilakukanpenyiraman di pagi dan sore hari.

BERAPA UMUR TANAMAN PIASANG?

Seperti pohon lainnya, pohon pisang juga memiliki umur untuk tumbuh. Berapa umur pohon pisang? Jawabanya adalah bisa lebih dari satu tahun, akan tetapi kebanyakan setelah berbuahnya di ambil tanaman ini akan ditebang  karena sudah tidak bisa lagi berbuah.

TAHAP PEMANENAN BUAH PISANG

Buah pisang bisa dipanen pada umur 80-100 hari dengan siku-siku buah yang hampir sempurna. Penentuan umur panen harus didasarkan pada waktu yang diperlukan untuk pengangkutan buah ke daerah penjualan sehingga buah tidak terlalu matang saat sampai di tangan konsumen. Buah pisang bisa tahan disimpan hingga 25 hari setelah panen dari pohonnya.

Gunakan pisau yang tajam dan bersih waktu memotong tandan. Tandan pisang disimpan dalam posisi terbalik supaya getah dari bekas potongan menetes ke bawah tanpa mengotori buah. Dengan posisi ini buah pisang terhindar dari luka yang dapat diakibatkan oleh pergesekan buah dengan tanah. Setelah itu batang pisang dipotong hingga umbi batangnya dihilangkan sama sekali. Jika tersedia tenaga kerja, batang pisang bisa saja dipotong sampai setinggi 1 m dari permukaan tanah. Penyisaan batang dimaksudkan untuk memacu pertumbuhan tunas.

Baca juga: Cara Menanam Padi Yang Baik Dan Menguntungkan

Mungkin itu yang bisa kami sampaikan jika ada kata dan kaliamat yang salah, serta penjelasan yang kurang mudah dipahami kami mohon maaf sebesar-besarnya. Sekian dan terimakasih

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *