Cara Mengawinkan Ayam Petelur Bangkok Dengan Mudah

Ayam bangkok dikenal sebagai jenis ayam aduan yang memiliki kualitas unggul daripada jenis ayam aduan lain. Ayam bangkok memiliki ketanguhannya lebih dibandingkan dengan ayam jago lokal. Oleh sebab itu, memiliki keturunan dari ayam bangkok adalah suatu hal yang menguntungkan bagi peternak.

Sebagai peternak ayam bangkok pemula pastinya anda memiliki kesulitan dalam cara mengawinkan jenis ayam satu ini. Nah pada artikel kali ini kami akan memberikan solusi mudah cara mengawinkan ayam bangkok.

Sebelum kami memberikan solusi cara mengawinkan ayam bangkok, siapkan terlebih dahulu jenis ayam bangkok unggul. Tahap ini merupakan tahap awal untuk menghasilkan anak ayam bangkok kualitas unggul. Ayam bangkok jantan bisa di pasangkan dengan 3 sampai 5 ekor ayam bangkok betina. Selisih umur yang ideal antara jantan dan betina yaitu 1 tahun.

Baca juga: Tidak Usah Ngarit!!! Ini Pakan Kambing Alternatif

Setelah tahap awal tersebut siap, Berikut ini adalah solusi tips dalam mengawinkan ayam bangkok sebagai berikut.

SIAPKAN KANDANG YANG LUAS

Solusi cara mengwinkan ayam bangkok yang pertama adalah siapkan kandang yang luas. Kenapa harus luas? Jawaban yang paling relevan ialah agar aktifitas ayam bangkok lebih leluansa dalam proses perkawinan.

Ayam bangkok jantan yang dimasukkan hanya boleh 1 ekor saja jika lebih dari satu sangat berbahaya karena akan mengakibatkan persaingann antara ayam keduanya. Sedangkan jumlah ayam betina yang dimasukkan bisa mencapai 5 ekor jangan melebihi jumlah tersebut.

Setelah itu, ayam bangkok tersebut akan berkenalan secara alami. Mereka akan melakukan proses perkawinan secara bergantian jika merasa sudah cocok dan waktunya tepat.

KAWINKAN SECARA PAKSA

Ketika mengunakan cara diatas tidak terjadi pembuhaan yang menghasilkan telur, maka perluh mengawinkan ayam bangkok secara paksa. Cara ini dilakukan setelah ayam bangkok melebihi umur untuk berterlur tak tidak beertelur setelah dilakukan pengawinan didalam kandang.

Untuk mengawinkan ayam bangkok secara paksa, peternak ayam dapat memegang ayam betina dengan posisi menghadap ke dalam kandang ayam betina. Kemudian, arahkan ayam betina tersebut ke hadapan ayam jantan. Lakukan cari ini sampai ayam jantan terpancing, jika sudah terpancing kembalikan lagi ke kandang dan tunggu hingga bertelur.

MEMBERIKAN OBAT

Pemberian obat perlu dilakukan oleh peternak ayam jika ayam bangkok jantan merasa malas untuk melakukan perkawinan. Hal ini bisa terjadi karena kondisi fisik ayam jantan yang kurang sehat dan juga stres.

Oleh karena itu, peternak ayam perlu memberikan pengobatan seperti jamu obat kuat supaya ayam bangkok jantan tersebut terangsang kembali untuk melakukan perkawinan.

Baca juga: 37+Jenis Sapi Unggul Lengkap Dengan Gambarnya 

Itulah beberapa solusi agar ayam bangkok anda lekas bertelur. Mungkin cukup sekian yang bisa kami sampaikan kurang lebihnya mohon maaf dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.