Tidak Usah Ngarit!!! Ini Pakan Kambing Alternatif

Kemarau panjang saat ini membuat para petani resah, pasalnya lahan pertanian mereka tak kunjung di aliri air yang membuat banyak petani gagal panen. Keresahan ini tak hanya dialami oleh para petani, peternakpun juga mengalami hal yang sama. Mereka para peternak kebingungan untuk mendapatkan rumput untuk pakan hewan- hewan mereka pasalnya rumput-rumputan banyak yang mati karena jarang hujan, kesulitan akan tanaman hijau pun semakin besar.

Kelangkaan pakan pun menjadi momok yang menakutkan bagi peternak. sehingga berbagai langkah pun harus ditempuh untuk mengantisipasinya. Nah tentu saja peternak dapat mengakalinya dengan membuat pakan alternatif kambing di musim kemarau ini. Bagaimana caranya?

Berikut artikel dengan judul Tidak Usah Ngarit!!! Ini Pakan Kambing Alternatif yang telah kami rangkum untuk mudah dipahami.

JERAMI PAKAN KAMBING FERMENTASI

Pada umumnya peternak pada saat penen padi memanfaatkan jerami sebagai bahan pakan ternak karena jumlah jerami pada saat panen sangat banyak. Mereka juga banyak mengeringkan dan menyimpan jerami di dalam lumbung pakan sebagai persediaan pakan pada saat musim kemarau.

Pembuatan pakan fermentasi dibuat dengan cara cukup sederhana. Mencampur jerami kering dengan polar dengan perbandingan 10 : 2, serta ditambahkan air secukupnya. Campuran jerami dan polar ini dimasukkan ke dalam tabung untuk dilakukan fermentasi selama satu minggu. Pakan kambing ini siap dipanen, ditandai dengan aroma yang harum dan tekstur tidak berubah.

Baca juga: Cara Beternak Kroto Terlengkap Dengan Toples

PAKAN DEDAK ATAU BEKATUL

Salah satu pakan alternatif kambing adalah dedak. Anda dapat menggunakan dedak ini sebagai pengganti rumput. Tidak hanya itu, dedak juga digunakan oleh para pemilik kolam lele untuk dicampurkan dengan pakan lainnya. Dedak bisa di dapat dari tempat- tempat pengilingan padi karena dedak adalah klupasan padi sebelum menjadi beras yang putih bersih.

Anda dapat membuat pakan ini hanya dengan mencampurkan dedak dengan air sehingga menjadi berbentuk seperti bubur. Anda boleh menggunakan air dingin ataupun air hangat untuk mencampurkannya. Sebagai informasi, dedak dipilih menjadi bahan pakan alternatif karena harganya sangat terjangkau dan mudah didapat.

PAKAN RUMPUT KERING

Rumput kering juga bisa dijadikan alternatif pakan kambing caranya dengan fermentasi daun atau rumput kering tersebut menguakan cairan polar dengan perbandingan 10 : 2, serta ditambahkan air secukupnya

Pada musim penghujan, banyak tumbuhan yang tumbuh dengan segar dan hijau. Hal ini bisa dimanfaatkan para peternak untuk menyimpan atau mengeringkan rumput tersebut untuk persediaan pakan ternak pada saat musim kemarau yang akan datan toh rumput kering tidak bisa busuk dan bisa di simpan berbulan- bulan.

PAKAN KAMBING KONSTRAT

Pakan alternatif kambing ini dapat dibuat dengan bahan-bahan yang cukup mudah dan banyak ditemui. Konsentrat merupakan pakan penguat yang terdiri dari bahan-bahan yang kaya akan karbohidrat dan protein. Bahan-bahannya adalah dedak padi, jagung kuning dan bungkil-bungkilan.

Untuk cara pembuatannya, kamu harus menggunakan komposisi sebagai berikut. Dedak halus sebesar 75%, jagung kuning yang sudah digiling 6%, bungkil kedelai 3%,  bungkil kelapa 10% dan sisanya adalah campuran tambahan kalsium dan garam dapur sebesar 6%.

Setelah itu campur dengan rata, dan diberikan langsung kepada ternak. Konsentrat ini aman untuk persediaan pakan di kala musim kemarau. Dengan pakan konsentrat ini, diharabkan setidaknya berat ternak bisa meningkat secara lebih signifikan.

PELEPAH POHON PISANG

Debok dalam bahasa jawa, pelepah pisang ini ternyata bisa digunakan untuk pakan kambing. Syaratnya dengan fermentasi caranya dengan memotong-motong pelepah pisang tersebut lalu campurkan dengan cairan fermentasi polar. Fermentasi pelepah pisang ini juga bisa dicampur dengan dedak atau bekatul supaya kandungan protein nya bertambah.

baca juga: Panduan Lengkap Cara Menanam Pisang Yang Baik Dan Benar

Cukup sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya saya mohon maaf sebesar-besarnya, apabila ada kesalahan penulisan kata dan bahasa yang kurang baku saya pribadi mohon maaf. Semoga bermanfaat.